Fakta Tentang Berenti Merokok Dapat Menaikan Berat Badan - Anggota Pansos

Iklan

Fakta Tentang Berenti Merokok Dapat Menaikan Berat Badan

Banyak orang yang menyebut berhenti merokok akan membuat kita seperti mencari hal yang bisa mengalihkannya. Hal ini sayangnya akan membuat kita menjadi lebih tertarik untuk ngemil dan akhirnya menyebabkan berat badan naik.

Penelitian pun dilakukan oleh para ahli dari Kyoto Medical Center untuk membuktikan apakah berhenti merokok bisa menyebabkan berat badan naik atau tidak. Hasilnya adalah, anggapan ini memang benar. Mereka yang berhenti merokok memang cenderung mengalami peningkatan berat badan. Semakin tinggi tingkat kecanduan nikotin sebelumnya, semakin besar pula kemungkinan berat badan naik setelah berhenti merokok.

Dalam penelitian yang melibatkan 186 relawan yang memiliki usia rata-rata 60 tahun ini, sebelumnya para relawan diketahui merokok hingga satu bungkus setiap hari. Tiga bulan setelah penelitian, mereka berhenti merokok dan akhirnya mengalami kenaikan berat badan rata-rata 1,1 kilogram.


Bahaya Rokok

Berbagai manfaat berehenti merokok pada kesehatan anda dan orang di sekitar anda

Menghentikan kebiasaan merokok bisa menjadi proses yang sulit, tetapi manfaat kesehatan dan kehidupan yang didapatkan jauh lebih besar daripada kepuasan sesaat dari merokok. Banyak sumber daya dan dukungan tersedia untuk membantu Anda dalam perjalanan berhenti merokok, seperti program penghentian merokok, dukungan keluarga dan teman, serta bantuan medis.

Rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya seperti, nikotin,tar,karbonmonoksida,amonia,benzene,Formaldehida,timbal dan zat radio aktif. Selain zat-zat di atas, rokok juga mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia lainnya, termasuk banyak senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. 

Berhenti merokok memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Berikut ini adalah beberapa manfaat berhenti merokok:

1.Kesehatan Paru-paru

Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan paru-paru, seperti bronkitis kronis, emfisema, dan kanker paru-paru. Berhenti merokok dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada paru-paru, serta meningkatkan kapasitas paru-paru dan kemampuan pernapasan.

2.Kesehatan Jantung

Merokok merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan serangan jantung. Dengan berhenti merokok, risiko terkena penyakit jantung dapat berkurang secara signifikan. Bahkan, hanya setelah beberapa tahun berhenti merokok, risiko terkena penyakit jantung bisa menurun hingga setengahnya dibandingkan dengan perokok.

3.Sistem Kekebalan Tubuh yang Lebih Baik

Merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Berhenti merokok akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan patogen.

4.Kualitas Hidup yang Lebih Baik 

Berhenti merokok dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Anda akan merasakan perbaikan dalam hal stamina, energi, dan kualitas tidur. Merokok juga dapat mempengaruhi rasa dan penciuman, sehingga berhenti merokok dapat membantu memulihkan kemampuan Anda untuk menikmati makanan dan aroma dengan lebih baik.

5.Uang yang Tersimpan

Merokok bisa menjadi kebiasaan yang mahal. Dengan berhenti merokok, Anda dapat menghemat sejumlah besar uang yang biasanya digunakan untuk membeli rokok. Anda dapat mengalokasikan uang tersebut untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti menyenangkan diri sendiri, berlibur, atau menabung.

6.Lingkungan Lebih Bersih

Merokok menghasilkan asap yang mencemari udara dan berbagai zat kimia berbahaya. Dengan berhenti merokok, Anda dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar Anda dengan mengurangi polusi udara dan paparan terhadap asap rokok bagi orang lain.


Berhenti merokok juga dapat memberikan inspirasi dan teladan bagi orang lain, terutama bagi keluarga, teman, dan orang terdekat. Tindakan Anda untuk meninggalkan kebiasaan merokok dapat mempengaruhi dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Berbagi informasi tentang dampak negatif merokok terhadap kesehatan dapat membantu orang memahami risiko yang mereka hadapi. Jelaskan bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan gangguan pernapasan.

Serta,Diskusikan manfaat kualitas hidup yang diperoleh dengan berhenti merokok. Bicarakan tentang peningkatan stamina, pernapasan yang lebih baik, meningkatnya energi, dan kemampuan untuk menikmati aktivitas sehari-hari tanpa ketergantungan pada rokok.

Ingatlah bahwa berhenti merokok adalah keputusan pribadi, dan setiap orang mungkin membutuhkan pendekatan yang berbeda. Penting untuk memberikan dukungan, memahami bahwa proses berhenti merokok mungkin sulit, dan menghormati keputusan individu.



Belum ada Komentar untuk "Fakta Tentang Berenti Merokok Dapat Menaikan Berat Badan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel