Tenyata Ada lho, Manfaat Bila kita Mengkonsumsi Minuman Beralkohol - Anggota Pansos

Iklan

Tenyata Ada lho, Manfaat Bila kita Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol merupakan suatu kelompok senyawa organik yang memiliki gugus hidroksil (-OH) yang melekat pada rantai karbon. Secara umum, alkohol dapat terbentuk melalui proses fermentasi atau sintesis kimia.

Dalam pengertian sehari-hari, istilah "alkohol" seringkali merujuk pada etanol (C2H5OH), yaitu alkohol yang biasa dikonsumsi dalam minuman beralkohol. Etanol memiliki sifat yang membuatnya dapat menyebabkan efek psikoaktif atau perubahan pada sistem saraf pusat manusia. Minuman beralkohol yang mengandung etanol bisa berasal dari fermentasi bahan-bahan seperti buah, biji-bijian, atau fermentasi gula.

Namun, penting untuk diingat bahwa alkohol juga dapat merujuk pada kelompok senyawa yang lebih luas, termasuk alkohol lainnya seperti metanol dan isopropil alkohol. Metanol, misalnya, dapat ditemukan dalam cairan pembersih dan memiliki sifat yang sangat beracun bagi manusia.

Penggunaan alkohol dapat bervariasi. Di samping konsumsi minuman beralkohol, alkohol juga digunakan dalam industri sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai produk seperti plastik, pelarut, parfum, dan banyak lagi.


manfaat alkohol

Manfaat Minuman Beralkohol bagi Kesehatan Tubuh

Saat mendengar minuman beralkohol Anda sepakat bahwa meminumnya akan menyebabkan masalah pada tubuh. Namun, ternyata manfaat alkohol baik bagi kesehatan, Apa iya ? Asalkan minum secukupnya. Jika terlalu banyak minum alkohol akan mengganggu penyerapan beberapa jenis vitamin dalam tubuh. 

Untuk itu beberapa asosiasi kesehatan dunia memberikan batasan anjuran konsumsi minuman beralkohol paling tidak 1-2 gelas. Konsumsi alkohol sesuai dengan batasan yang dianjurkan ternyata terbukti memberikan berbagai khasiat. Penting untuk dicatat bahwa konsumsi alkohol memiliki manfaat dan risiko yang harus dipertimbangkan. 

Beberapa manfaat potensial yang dikaitkan dengan konsumsi alkohol dalam jumlah terbatas termasuk:

Manfaat kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah moderat dapat memiliki efek melindungi terhadap penyakit kardiovaskular. Komponen tertentu dalam alkohol, seperti polifenol, dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi risiko pembekuan darah.

Pengurangan risiko penyakit diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah moderat dapat terkait dengan pengurangan risiko mengembangkan diabetes tipe 2. Namun, ini tidak berarti bahwa orang yang tidak minum alkohol harus mulai mengonsumsinya untuk mencegah diabetes.

Efek sosial dan relaksasi 

Beberapa orang merasa bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah yang wajar dapat membantu meredakan stres, meningkatkan suasana hati, dan memfasilitasi interaksi sosial. Ini dapat memberikan manfaat psikologis dan meningkatkan kualitas hidup dalam konteks sosial tertentu.

Mencegah flu

Departemen Psikologi di Carnegie Mellon University menemukan bahwa kerentanan terhadap flu biasa meningkat dengan merokok, sementara minum alkohol dalam jumlah sedang atau moderat dapat menurunan flu biasa pada non perokok.

Penelitian tersebut dilakukan pada 1993 terhadap 391 orang dewasa. Sementara pada 2002, menurut New York Times, para peneliti Spanyol menemukan bahwa hanya dengan minum delapan gelas hingga 14 gelas wine per minggu, terutama red wine, dapat mengurangi 60 persen risiko terkena flu. Para ilmuwan menduga bahwa ini ada hubungannya dengan sifat antioksidan dari wine.

Mengurangi risiko disfungsi ereksi

Penelitian menemukan bahwa manfaat minum akohol dalam jumlah sedang kemungkinan dapat mengurangi risiko disfungsi ereksi atau impoten. Studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, para peneliti menemukan bahwa kemungkinan disfungsi ereksi berkurang 25 hingga 30 persen pada peminum alkohol.

Peneliti utama, Kew-Kim Chew, seorang ahli epidemiologi di University of West Australia, melakukan penelitian terhadap 1.770 pria Australia. Chew dengan hati-hati mencatat bahwa ia dan timnya sama sekali tidak menyarankan pria minum berlebihan, dan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk secara akurat menghubungkan impotensi dan konsumsi alkohol.

Namun dengan demikian, sangat penting untuk diingat bahwa manfaat ini hanya berlaku dalam jumlah terbatas dan terkait dengan pola konsumsi yang sehat. Konsumsi alkohol yang berlebihan atau tidak terkendali dapat memiliki dampak negatif yang serius pada kesehatan. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati, kerusakan saraf, gangguan mental dan perilaku, masalah perut, gangguan kecanduan alkohol, dan risiko kecelakaan atau cedera.

Jika Anda mempertimbangkan konsumsi alkohol, sangat penting untuk melakukannya dengan bertanggung jawab dan mengikuti pedoman yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi alkohol.

Bahaya Minum Alhohol Berlebihan

Minum alkohol sesekali mungkin tidak akan menganggu kesehatan Anda. Tapi beda ceritanya bila Anda minum alkohol berlebihan.

Bagi pria yang berlebihan minum alkohol biasanya minum lebih dari 4 kali sehari, atau 14 atau bahkan 15 kali dalam seminggu. Sementara pada wanita minum banyak lebih dari 3 kali dalam sehari, atau 7-8 per minggu.

Terlalu banyak minum alkohol dapat membahayakan Anda secara fisik dan mental. Berikut ini adalah 10 bahaya minum alkohol secara berlebihan:

  1. Kerusakan hati
  2. Penyakit jantung
  3. Masalah Otak dan Sistem Saraf
  4. Anemia
  5. Kanker
  6. Kejang
  7. Asam urat
  8. Infeksi
  9. Masalah pencernaan
  10. Gangguan tidur

Belum ada Komentar untuk "Tenyata Ada lho, Manfaat Bila kita Mengkonsumsi Minuman Beralkohol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel